Bagaimana Cara Promosi Online

Promosi Online | Salah satu permasalahan bagi para pelaku usaha adalah "PROMOSI", apalagi pada jaman sekarang yang semuanya serba online maka para pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dan memanfaatkan promosi secara Online. Pengetahuan tentang dunia online dan cara untuk memanfaatkannya mutlak menjadi syarat utama agar mampu bersaing.

Ada banyak cara untuk memasarkan produk secara online, bagi anda yang sudah faham tentang dunia internet marketingpun masih tetap harus berjuang keras karena persaingan semakin ketat dan semakin banyak SDM yang bergelut dalam dunia internet marketing



Lalu bagaimana dengan anda yang masih awam dan belum memiliki pengetahuan sedikitpun tentang Internet Marketing? mudah saja, anda tinggal belajar atau menyewa jasa profesional untuk membantu anda.

CARA PROMOSI ONLINE

Ada 3 pilar utama dalam internet marketing yaitu : 

  1. SEO (Search engine optimization) yaitu metode mempromosikan pada mesin pencari sehingga website bisa tampil pada halaman halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. Contoh jika anda menjual obat kuat kemudian calon konsumen mengetikan kata kunci "OBAT KUAT" pada mesin pencari seperti Google maka website anda akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian. 
  2. SEM (Search Engine Marketing), metode ini memanfaatkan program periklanan (anda membayar) dan situs anda akan dimunculkan pada hasil pencarian pada mesin pencari sebagai "iklan" contoh Google Ads.
  3. SMM (search engine marketing), pada metode ini anda memanfaatkan program periklanan )anda membayar) dan informasi anda akan ditampilkan sebagai "konten/post bersponsor" pada platform sosial media, Contoh Facebook ads, Instagram Ads dan sejenisnya. 

Kemudian cara mana yang cocok untuk anda? untuk menjawab hal ini memang agak sedikit sulit. jika anda memiliki budget maka semua metode ini harus dilakukan dan disinergikan. tetapi bagi anda yang masih pemula dan belum memiliki budget khusus untuk promosi online maka disarankan menggunakan metode dengan biaya operasional yang paling minim dan melakukannya sendiri tanpa bantuan profesional. Jangan lupa juga sesuaikan dengan tipe/jenis produk yang anda tawarkan.




Bagi anda yang melakukan usaha jangka panjang maka anda bisa memulai dengan promosi menggunakan metode SEO, dibantu dengan promosi menggunakan sosial media. Untuk anda yang melakukan usaha jangka pendek (musiman) maka lebih cocok menggunakan platform sosial media.

Apapun pilihannya, segeralah anda manfaatkan media online untuk mempromsikan bisnis anda agar anda tidak kalah bersaing dengan kompetitor anda ayng mungkin sudah melakukannya terlebih dahulu.

Salam

  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Anda dengan Pelatihan OKR

Panduan Bisnis: Langkah-langkah Menuju Kesuksesan

Panduan Bisnis Online: Langkah-langkah Menuju Kesuksesan di Dunia Digital